Info Terbaru, Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis jika No WA PLN Error, Siapkan Id Pelanggan & Ikuti Petunjuk

Tata cara paling mutakhir untuk mendapatkan Token Gratis dari PLN (Perusahaan Listrik Negara) melalui aplikasi Whatsapp dan website resmi, Sabtu (4/4/2020).
Seperti diketahui bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan bahwa akan menggratiskan listrik selama 3 bulan, yaitu April, Mei, dan Juni 2020.
Keringanan ini diberikan karena adanya pandemi virus Corona yang sedang menyerang Indonesia.
Hingga berita ini ditulis, telah terdapat telah mencapai 2092 kasus, dengan rincian 191 dikabarkan telah meninggal, dan 150 orang telah sembuh.
Keringanan pembayaran listrik yang diberikan oleh pemerintah akan berlaku pada pelanggan dengan daya listrik 450VA dan 900VA TM alias subsidi.
Bagi pelanggan dengan daya listrik 450VA akan sepenuhnya digratiskan, sedang untuk pelanggan dengan daya listrik 900VA akan diberikan diskon sebesar 50%.
Keringanan ini berlaku baik untuk pengguna listrik pasca-bayar maupun pra-bayar.
Bagi pelanggan listrik pascabayar akan langsung dibebaskan dari tagihan listrik, atau diberikan 50% sisa tagihan.
Sedang untuk pelanggan listrik pra-bayar, akan disediakani layanan pemberian token gratis melalui Whatsapp dan website resmi PlN.
PLN telah mengunggah tata-cara mendapatkan token gratis melalui akun instagram resminya @pln_id
Namun dikabarkan terdapat laporan yang menyebutkan layanan ini sering mengalami gangguan atau error.
Gangguan ini dikabarkan terjadi karena adanya akses yang tinggi sehingga terjadi overload pada server.
Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam video conference, Jumat (3/4/2020), mengatakan jika WhatsApp sedang melakukan perbaikan dan pengembangan server untuk mengantisipasi tingginya traffic terhadap kontak yang telah disediakan PLN.
"Untuk nomor WhatsApp memang hari ini mendapatkan laporan sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN-nya, tapi dari pihak WhatsApp yang sedang meng-upgrade servernya, karena memang traffic-nya akan sangat tinggi," tutur Darmawan, dikutip dari Kompas.com: Via WhatsApp, Klaim Token Listrik Gratis PLN Bisa Diakses 6 April
Darmawan memproyeksikan klaim token gratis melalui WhatsApp dengan nomor 08122-123-123 baru bisa dilakukan pada Senin (6/4/2020).
Meski untuk sementara klaim token melalui aplikasi Whatsaap masih belum bisa atau sedang mengalami gangguan, anda masih bisa menggunakan cara ini untuk mendapatkan token gratis. 
Meskipun begitu, masih ada cara klaim token listrik gratis lewat laman resmi di www.pln.co.id
- Buka laman www.pln.co.id
Setelah membuka laman resmi PLN, kemudian diarahkan ke situs layanan.pln.go.id.
- Masuk ke menu 'pelanggan'
- Pilihlah 'stimulus Covid-19'
- Masukkan ID pelanggan/ nomor meteran di kolom yang tersedia.
- Kemudian, akan muncul token listrik gratis di layar.
- Token listrik gratis tersebut tinggal dimasukkan ke meteran yang ada di rumah.
- Masukkan kode token listrik sesuai dengan ID pelanggan yang didaftarkan tadi. 
Untuk diketahui, kebijakan ini diterapkan untuk dua daya listrik. 
Bagi pengguna listrik berdaya 450VA akan mendapatkan secara gratis. 
Sedang untuk pengguna listrik berdaya 900VA akan mendapat 50% yang dihitung dari penggunaan tertinggi dalam 3 bulan kebelakang. 
Jika anda belum mengetahui bagaimana cara cek daya listrik yang anda gunakan, berikut tata cara muda untuk mengetahui daya listrik. 
Cek pada struk pembayaran
Kode listrik dapat dicek pada nota atau struk pembayaran.
Cek informasi daya pada struk lisrik tersebut.
Seperti contoh jika kode token R1/ 900 artinya kamu akan mendapatkan listrik diskon 50 persen.
Sementara, R1M/900 VA artinya kamu tidak mendapatkan diskon dari pemerintah.
Cek di Laman Resmi PLN.co.id dan Aplikasi PLN Mobile
Cara lain untuk megecek kode token yakni lewat laman resmi pln.co.id.
Isi ID Pelanggan/Nomor Meteran, isi nama pelanggan, dan isi tarif serta daya listrik kita.
Namun, karena laman resmi PLN sedang kini tengah sulit diakses, alternatif lainnya yakni mengunduh aplikasi PLN Mobile di Play Store.
Mengecek token PLN bisa dilakukan di kolom permohonan.

Aplikasi PLN Mobile yang dibuat untuk memudahkan pelanggan PLN di Indonesia. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pelanggan baik dari segi pelayanan maupun pembayaran
Aplikasi PLN Mobile yang dibuat untuk memudahkan pelanggan PLN di Indonesia. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk mempermudah pelanggan baik dari segi pelayanan maupun pembayaran (Kolase Foto Surya / Facebook PLN)
Melalui WhatsApp
1. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
2. Setelah itu, token gratis akan muncul
3. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran sesuai ID Pelanggan
Melalui Website
1. Masuk ke laman www.PLN.co.id
2. Klik menu Pelanggan dan langsung pilih Stimulus Covid-19
3. Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter
4. Token Gratis akan ditampilkan di layar
5. Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.
Cek di Bukalapak.com
Untuk mengecek kode token listrikmu apakah mendapatkan subsidi dari pemerintah atau tidak yakni lewat aplikasi belanja online bukalapak.com
Isi kolom 'Nomor Meter/ ID Pelanggan' lalu pilih nominal.
Kemudian langsung muncul kode token di bagian bawahnya.
Cara Mendapatkan Token Gratis dari PLN di WhatsApp atau Website Resmi:

Belum ada Komentar untuk "Info Terbaru, Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis jika No WA PLN Error, Siapkan Id Pelanggan & Ikuti Petunjuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel