Viral! Potret Haru Mbah Giyem Mencari Rupiah di Pinggir Jalan, Tumpukan Bata Jadi Tungku

Sudah selayaknya usia senja merupakan waktu yang tepat bagi seseorang untuk menikmati masa tuanya bersama keluarga di rumah. Namun, tidak dengan sosok wanita paruh baya yang satu ini. Mbah Giyem merupakan wanita tangguh yang tetap berdagang meski dirinya kini tak muda lagi.
Berbekal tungku batu bata dan perlengkapan memasak sederhana, ia pun diketahui berjualan serabi di sekitar jalanan Kota Solo pada malam hari. Tak dibantu sanak saudaranya sama sekali, Mbah Giyem pun tetap melanjutkan perjuangan hidupnya untuk mencari nafkah seorang diri.

Jualan di Pinggir Jalan

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, Mbah Giyem diketahui berjualan serabi di seputaran Jalan Solo – Sukoharjo. Tak mematok harga yang tinggi, untuk setiap serabi yang ia buat pun diketahui hanya diberi harga Rp2 ribu.
mbah giyem
Instagram/@thoric.idn ©2020
Lalu lalang kendaraan dan debu jalanan pun nampak menjadi teman sehari-hari Mbah Giyem selama menjajakan kue serabi miliknya tersebut.

Gunakan Tungku Sederhana

Tak gunakan peralatan modern, dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Instagram dengan nama thoric.idn tersebut nampak Mbah Giyem hanya menggunakan tumpukan batu bata sebagai tungku api.
mbah giyem
Instagram/@thoric.idn ©2020
Peralatan memasak Mbah Giyem pun juga masih cukup sederhana. Meskipun begitu, Mbah Giyem tetap melayani pembeli dengan sepenuh hati.

Tetap Semangat Hingga Malam Hari

Setiap hari, Mbah Giyem berjualan di pinggir jalan selama lebih dari dua jam. Angin malam pun tak pernah ia hiraukan demi sesuap nasi dari uangnya berjualan kue serabi.
mbah giyem
Instagram/@thoric.idn ©2020
Ia tak menggunakan pakaian hangat ataupun ditemani sanak saudaranya. Berbalut kain jarik dan kebaya tradisional, tubuh Mbah Giyem yang termakan usia pun nampak lelah. Meskipun begitu, semangatnya untuk mencari nafkah nampak selalu ada di dada wanita paruh baya itu.

Keluarga Jadi Sorotan

Berjualan seorang diri tanpa keluarga di usianya yang senja membuat warganet bertanya-tanya mengenai peran anak-anaknya. Bahkan, ada pula yang menyebut bahwa keluarga Mbah Giyem tak peduli dengan kondisinya yang sudah tua renta.
mbah giyem
Instagram/@thoric.idn ©2020
“Mas, kalau tahu dia tinggal sama keluarganya tidak?,” tulis _imfriskaaaaa.
“Anak-anaknya Mbah Giyem kemana mas? Kok enggak perhatian?,” kata 4rif_1403.

Banjir Doa

Melihat aksi Mbah Giyem yang berjualan di pinggir jalan dengan peralatan seadanya membuat warganet merasa iba. Doa dan dukungan kepada Mbah Giyem pun nampak mengalir di kolom komentar unggahan video tersebut.
mbah giyem
Instagram/@thoric.idn ©2020
“Enggak tega lihat begini Ya Allah. Semoga selalu dilancarkan rezekinya. Aamiin,” tulis luthfydewi.
“Sehat terus mbah. Lancar rejekinya,” kata putripurbay.
“Ya Allah. Cuma bisa berdoa. Semoga mbahnya sehat selalu, panjang umur, lancar rejekinya. Amin Yra,” tulis dewi__nurfitasari.

Belum ada Komentar untuk "Viral! Potret Haru Mbah Giyem Mencari Rupiah di Pinggir Jalan, Tumpukan Bata Jadi Tungku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel